13 Desember 2010

YeZ: Si Mobil "Daun"




YeZ (diucapkan Yea Zi) dalam bahasa Mandarin berarti daun. Mobil unik ramah lingkungan yang digagas oleh Shanghai Automotive Industry Corporation bekerja sama dengan General Motors dan Volkswagen ini memang memiliki fungsi seperti daun: menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen.

Prototipe YeZ dipamerkan pertama kali dalam World Expo 2010 di Shanghai yang berakhir bulan Oktober lalu. Mobil ini memiliki dua kursi tanpa adanya bagasi. Bodi mobil terbuat dari bahan yang disebut sebagai metal-organic frameworks. Bahan inilah yang menyerap karbondioksida dan molekul air dari udara kemudian diubah menjadi energi dan oksigen melalui serangkaian reaksi kimia.


Atap mobil yang dirancang berbentuk daun pun dilengkapi photoelectric converter yang berfungsi sebagai panel surya. Tak hanya itu, energi untuk menjalankan mobil juga diperoleh melalui roda mobil yang menyerupai jendela turbin kecil untuk menyedot udara ke dalam sistem turbin dan mengubah energi angin menjadi energi listrik. Semua energi yang dihasilkan kemudian disimpan dalam baterai lithium.


Sayangnya, mobil cantik dan canggih yang diklaim memiliki zero greenhouse gas emissions ini diperkirakan baru bisa diproduksi massal setidaknya 20 tahun lagi.

2 komentar:

  1. First of all I must say that it is a nice blog. Very lovely! This article couldn’t be written any better! Thanks a lot for bringing up the interesting article. Please keep sharing with us.

    BalasHapus


  2. dompet tipis?ayo tebalin dompetnya di poker terpercaya kami
    mentaripoker situs poker online pertama anti bot anti admin dan cheating
    http://referral.mentaripoker.com/ref.php?ref=KARO
    situs Judi poker online terbaik di indonesia resmi dan terpercaya, dengan bonus referal 20%,teraman tercanggih dengan proses deposit withdraw
    BONUS Special kami melakukan Withdraw + BONUS 10%
    Deposit 3x BONUS 10%
    Hubungi Livechat kami

    BalasHapus