17 Juni 2010

Kursi Cantik dari Bahan Daur Ulang


Dalam satu hari, terdapat jutaan meter kubik sampah yang dihasilkan manusia di bumi. Sampah yang dihasilkan satu individu saja sudah meliputi sampah kemasan makanan, minuman, sabun, kertas, plastik belanjaan hingga barang-barang rusak yang tak terpakai lagi. Bayangkan jika dalam waktu bersamaan, 6 milyar orang di bumi menghasilkan sampah yang sama.

Salah satu cara untuk mengurangi tumpukan sampah ini adalah dengan melakukan daur ulang (recycling). Sayangnya, banyak di antara kita yang berpikir bahwa daur ulang adalah 'tugas' pengelola sampah, bukan tugas kita. Padahal, dengan bermodalkan kreativitas, banyak benda-benda yang dicap sampah itu ternyata berubah wujud menjadi benda lain yang lebih berguna.

Beberapa orang di jagad maya telah membuktikan hal ini. Dan salah satu yang menarik perhatian adalah situs bikefurniture.com. Situs ini mengkhususkan diri untuk mengolah material dari sepeda bekas menjadi furnitur cantik seperti meja, kursi dan bangku.


Ternyata tak hanya sepeda bekas saja yang bisa digunakan untuk membuat kursi. Dengan sentuhan 'ajaib' keindahan seni, para desainer kreatif di dunia menghasilkan karya-karya furnitur yang artistik. Berbagai material daur ulang menjadi inspirasi dalam pembuatan kursi-kursi unik berikut ini:

Sumber: di sini

Botol dan kaleng bekas minuman oke juga untuk dibuat kursi. Tapi, demi keamanan, sepertinya harus dicantumkan maksimum berat badan yang boleh mendudukinya, ya?



Kursi yang terbuat dari trolley belanjaan ini terlihat unik:

Sumber: di sini

Dan, hei, coba lihat juga kursi keren yang asalnya dari bathtub yang sudah tak terpakai ini!

Sumber: di sini

Kursi elegan karya Philipe Starck ini terbuat dari 80% alumunium daur ulang. Lebih cantik dan tentunya lebih kuat:


Sumber: di sini

Siapa mengira kalau kursi yang terlihat nyaman diduduki ini ternyata terbuat dari selongsong peluru?

Sumber: di sini

Masih banyak lagi kursi-kursi unik yang terbuat dari bahan daur ulang lainnya, mulai dari kepingan CD, gulungan koran bekas, hingga senapan. Ketikkan saja 'recycling chair materials' di google dan semua link ide akan tampil di berbagai website berbeda. Siapa tahu salah satu ide ini bisa menjadi peluang bisnis Anda di kemudian hari! :)

5 komentar:

  1. mantab nich blognya, kunjungan balik ya bro di download ebook gratis, kumpulan, buku, pecinta, buku online, ebook, download ebook, cara membuat blog, bisnis online

    BalasHapus
  2. wow,...
    itu keren bgt,,,
    Siippp...
    fotonya saya ambil buat tugas makalah saya ya :P
    lanjutkan kreativitasnya :)

    BalasHapus
  3. Hai, Pipit!
    Makasih udah mampir ya!
    Silakan diambil, tapi jangan lupa mencantumkan sumber foto2nya, ok!

    BalasHapus